Jumat, 06 November 2015

Ini Dia Gan Trik Menghemat Paketan Data Internet Android

Berita Teknologi - Internet telah menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Selain kemudahan untuk menggunakan internet lewat smartphone, pengguna juga dimudahkan dengan berbagai pilihan paket data internet. Namun, saat ini harga paket data internet di Indonesia semakin mahal. Dengan kuota yang terbatas, pengguna harus membayar mahal untuk menikmati internet.
Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara untuk mencegah kuota internet Anda cepat habis. Bukan membayar lebih mahal, Anda bisa mengatur beberapa hal di smartphone Anda agar tidak menggunakan data internet secara terus menerus. Berikut 5 cara mudahnya, seperti dilansir dari Cheat Sheet.
1.Teliti aplikasi yang diinstal
Kita biasanya tidak berpikir tentang paket data internet ketika menggunakan aplikasi online. Padahal, ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan di belakang layar walaupun kita tidak membukanya. Nah, jika Anda menginstal banyak aplikasi yang seperti ini, tanpa disadari Anda pasti akan kehilangan banyak data internet.
Tanyakan pada diri Anda sendiri, apa aplikasi yang paling dibutuhkan dan jarang dibutuhkan. Jika memang jarang digunakan, lebih baik Anda uninstal dari pada menguras paket data karena terus aktif walaupun tidak sedang membukanya.
Anda bisa mengetahui aplikasi yang menggunakan internet walaupun tidak sedang digunakan di pengaturan smartphone. Batasi penggunaan aplikasi tersebut, kecuali Anda benar-benar membutuhkan update terbaru. Mengubah pengaturan ini juga bisa meningkatkan daya tahan baterai Anda juga. Aplikasi Terbaru
2.Aktifkan WiFi
Di Indonesia, sulit untuk menemukan WiFi yang tidak di password. Namun, Anda bisa mengaktifkan WiFi selalu agar smartphone Anda otomatis terhubung ke WiFi jika ada WiFi yang terbuka. Hal ini juga akan sangat membantu jika Anda menyimpan password WiFi tempat tertentu. Smartphone Anda bisa terhubung otomatis ketika Anda ke tempat tersebut. Namun cara ini bisa membuat baterai smartphone Anda bisa terkuras cepat.
3.Matikan data seluler ketika tersambung WiFi
WiFi sangat membantu Anda untuk menghemat paket data seluler yang telah Anda beli. Namun, beberapa smartphone akan secara otomatis beralih dari data seluler, jika sinyal WiFi jelek atau tidak bisa diandalkan. Tanpa Anda menyadarinya, walaupun Anda terhubung ke WiFi, smartphone Anda kan tetap mengambil paket data seluler.
Apa lagi untuk pengguna iPhone dengan iOS 9. Beberapa orang mengklaim penggunaan paket data internet meningkat drastis setelah menginstal iOS 9. Maka dari itu, lebih baik Anda non-aktifkan data seluler jika sedang terhubung ke WiFi. dp bbmharga hp
4.Non-aktifkan sinkronisasi cloud
Ada banyak smartphone yang menawarkan layanan cloud untuk menyimpan data agar tidak hilang. Mulai dari foto, lagu, hingga kontak telepon biasnya diatur agar langsung sinkron ke layanan cloud. Ada banyak juga aplikasi yang menerapkan cara ini.
Cara ini memang sangat efektif agar data yang Anda punya tidak hilang begitu saja. Namun, hal ini bisa membuat tagihan internet Anda semakin tinggi. Anda harus tahu dan bisa menggunakan dengan bijak segala fitur di smartphone, terutama fitur online, agar Anda paket data internet Anda tetap stabil.
5.Matikan autoplay video di Facebook, Twitter, dan Instagram
Fitur autoplay pada Facebook dan Twitter membuat video yang ditampilkan akan langsung berjalan, walaupun Anda tidak tertarik untuk melihatnya. Nah, hal ini merupakan salah satu penyebab data internet Anda tiba-tiba tinggi. Anda bisa non-aktifkan fitur autoplay ini di pengaturan Facebook, Twitter, dan Instagram.
Anda hanya perlu masuk pada pengaturan, lalu cari pengaturan video. Anda bisa memilih autoplay video hanya ketika Anda terhubung ke WiFi saja. Lain halnya jika di Instagram. Di Instagram tidak ada pengaturan untuk non-aktifkan autoplay video. Anda hanya bisa menghemat biaya paket data internet dengan memilih 'Celuller data use', kemudian pilih 'Use Less Data'.
Source: tekno99.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar